Jumat, 14 September 2018

EKSPERIMEN "KONSERVASI ZAT CAIR"


      1.            Konservasi Volume
Indikator kegiatan :
1.         Kemampuan anak untuk menunjukkan aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki (KD 2,2).
2.            Kemampuan anak untuk berani mencoba hal baru (KD 2.2.1).
3.            Kemampuan anak untuk memecahkan masalah sederhana sendiri (KD 3.5-4.5).
4.            Kemampuan anak untuk mengenal sebat akibat dari kegiatan eksperimen konservasi zat cair (KD. 2.2.2 dan KD 3.5-4.5).
5.            Kemampuan anak untuk mengenal perbedaan berdasarkan ukuran bentuk dan volume (lebih dari-kurang dari) KD 3.6-4.6.
6.            Kemampuan anak untuk menjelaskan aktifitas yang dilakukan.
Alat dan Bahan                  : Air, gelas berbagai ukuran, pewarna makanan,    spidol
Langkah-langkah kegitan :
                     1.               IMG_20180418_075849.jpgGuru menyediakan alat dan bahan kegiatan.





Gambar 3

                     2.               Guru menjelaskan alat dan bahan yang digunakan serta aturan melakukan kegiatan eksperimen konservasi volume.


 





Ganbar 4
                     3.               Anak-anak diberi enam gelas dengan empat gelas bentuk dan ukurannya sama dan 2 gelas bentuk dan ukuran yang berbeda.

 gambar 5
                  4.                  Tiga gelas diisi air dengan warna berbeda merah, hijau dan biru   ketinggian yang sama, kemudian anak ditanya ‘apakah dua gelas ini mengandung jumlah cairan yang sama?’, dan semuanya menjawab sama.









 






                                                                                   Gambar 7
     Gambar 6                          

 



                                                                                    Gambar 9
               Gambar 8
               5.                     Tunjuk tiga anak untuk menuangkan cairan dari gelas A1 ke gelas P1 yang ukurannya sama, gelas A2 ke gelas P2 yang ukurannya panjang dan sempit bentuknya, gelas A3 ke gelas P3 yang ukurannya lebih tinggi dan lebar. Kemudian anak-anak ditanya  lagi ‘apakah jumlah cairan itu masih sama?’ , dan jawaban yang diperoleh berbeda-beda. Ada anak yang menjawab air digelas P2 lebih banyak karena air nampak penuh di gelas tersebut. Ada yang menjawab air digelas P3 lebih banyak karena melihat gelas yang ukurannya lebih besar. Ada yang menjawab sama karena air tidak ditambah dalam gelas.





IMG_20180418_081358.jpg
IMG_20180418_081713.jpg
 






 
IMG_20180418_081726.jpg             Gambar 10                                                        Gambar 11







                                                 Gambar 12

               6.                     Untuk membuktikan pendapat masing-masing anak, maka anak disuruh memindahkan kembali air dalam gelas P1, P2 dan P3 ke dalam gelas semula A1, A2 dan A3. Kemudian anak-anak ditanya lagi ‘apakah air didalam gelas sama ukurannya?’, anak akan menjawab sama.


IMG_20180418_081828.jpg
 






                                                Gambar 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar