RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(
RPPH)
USIA : 5 – 6 Tahun
Kompetensi Dasar (KD) yang ingin di capai : 1.1,2.9,3.5-4.5,3.7-4.7,3.8-4.8,3.9-4.9,3.11-4.11,3.13-4.13,3.15-4.15
HARI /
TANGGAL : ………………………………
MUATAN
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALAT &
BAHAN
|
PENILAIAN
KOMPETENSI
DASAR BELUM MUNCUL SUDAH MUNCUL KET
|
||||||||||||||||
1.
Mengenal
ciptaan
Tuhan,
dan menyayangi sesama mahluk
2.
Mengembangkan
motorik kasar dan motorik halus
|
I.
KEGIATAN AWAL
Ø
Berdoa, Salam
Ø
Hafalan surat
pendek
Ø
Bercakap-cakap
sesuai tema, misalnya jenis-jenis binatang di air (ikan,katak, ular, buaya,
kura-kura, udang, kepiting)
|
|
1.1
|
||||||||||||||||
3.
Mengenal
konsep
membaca.
4.
Mengenal
konsep warna, bentuk, ukuran, tekstur, dan ciri-ciri ikan
5.
Dapat
mengungkapkan dengan kalimat
sederhana
6.
Menambah kosa
kata
7.
Menerapkan
peraturan yang sudah dibuat, membangun kerja sama
|
II. KEGIATAN INTI
a.
Mengamati
Ø Karya wisata ke kolam ikan
Ø Anak mengamati langsung orang yang sedang memancing, menangkap ikan
dan/atau memberi makan ikan di kolam
b.
Menanya
Anak
didorong untuk bertanya tentang objek yang diamati. Salah satu cara untuk
mendorong anak bertanya adalah dengan bertanya “anak-anak apa yang ingin kamu
ketahui tentang ikan dikolam ini?”, kemungkinan respon yang muncul dari
pertanyaan ini adalah “itu ikan apa?” untuk menjawab pertanyaan itu, guru
mendorong anak lain untuk menjawab, misalnya
pertanyaan
yang diajukan “bagaimana cara memancing”, “alat apa yang dipakai untuk
memancing”
c.
Mengumpulkan
Informasi
Kegiatan 1:
memancing, menangkap dan memberi makan ikan
Ø Anak menyiapkan alat memancing dan melakukan percobaan untuk
memancing ikan, menangkap ikan dengan jala dan memcoba
memberi
makan ikan.
Ø Anak yang telah mendapat ikan memasukkannya ke dalam tempat yang
telah disediakan.
Ø Anak yang
telah mendapatkan ikan memasukannya ke dalam wadah yang disediakan dan
menghitungnya
Ø Anak menceritakan pengalaman melakukan kegiatan memancing,
menjala
atau memberi makan ikan
Kegiatan 2:
Mencocokkan kartu gambar ikan sesuai dengan gambar yang ada di papan lotto
Ø Anak bermain kartu kartu gambar dan papan lotto untuk melakukan
kegiatan mencocokkan gambar yang sama
Ø
Anak
menyampaikan hasil kegiatan menghitung benda
Kegiatan 3: Membedakan benda ciptaan Tuhan dan buatan manusia
serta
menggambar bebas
Ø Anak menyebutkan benda-benda yang diciptakan Tuhan dan yang
buatan manusia berdasarkan hasil kunjungan ke kolam ikan
Ø Anak menggambar
bebas sesuai dengan pengalaman kunjungan ke kolam ikan
Ø Anak menceritakan isi gambar yang dibuatnya
d.
Menalar
Anak di
dorong untuk mencoba menyelesaikan kegiatan dengan cara yang berbeda dan
menempelkan hasil kegiatan sesuai dengan nalarnya sehingga kaya akan
pengalaman
e.
Mengkomunikasikan
Informasi
Ø Setelah mainan dan alat-alat pembelajaran dirapikan, guru
mengajak anak duduk melingkar dan menanyakan pada setiap anak kejadian atau
kegiatan yang dilakukan
Ø Anak menceritakan hasil yang di dapat
|
Kolam ikan,
alat pancing, jala ikan, orang memancing dan menjala ikan,
makanan ikan
|
|
||||||||||||||||
|
III.
ISTIRAHAT – MAIN – MAKAN
Ø Mencuci tangan, berdo’a sebelum
& sesudah makan
Ø Bermain
|
|
|
||||||||||||||||
|
IV. PENUTUP
Ø Tepuk dengan pola “Memancing ikan”
Ø Evaluasi
Ø Do’a mau pulang, salam
|
|
|
Mengetahui, Cirebon,……………………..2015
Kepala PAUD ISLAM AL-HANIIF
( Dewi Yuniarti S)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar